2NE1 (21) AKU (33) dream (2) FAMILY (4) FANATIK (30) FANTASTIK (63) FUTURE (5) GOKIL (29) IPTEK (8) JAWABAN (1) KAMUT (12) LOVE (30) lyric (46) MAGANG (44) PAST (8) POTRET (14) puisi (14) sad story (64) SBMPTN (3) SERBA - SERBI (51) SKOLA (90) stupid (17) THINKING (22) traveling (1) UMPIRE (5) WORK (9)

Selasa, 14 Juni 2011

TOTAL STATION 20 JUDUL to : 3 TGB 2 PART 2

DARI MAS GANANG :


apa total station itu ?

Dalam dunia teknik, konstruksi, tambang, survey  dan pemetaan sering kita mengenal istilah Total station. Apa sebenarnya total station? Apakah total station sama dengan theodolit? apa juga beda Total station dengan GPS? Tulisan saya kali ini akan mengupas mengenai apa itu Total station dan bagaimana cara kerjanya.
Apa itu Total Station?
Total station adalah alat ukur sudat dan jarak yang terintegrasi dalam satu unit alat. Total station juga sudah dilengkapi dengan processor sehingga bisa menghitung jarak datar, koordinat, dan beda tinggi secara langsung tanpa perlu kalkulator lagi. 
Berikut ini penjabaran mengenai pengertian Total station :
     Total Station : adalah peralatan elektronik ukur sudut  dan jarak (EDM) yang menyatu dalam 1 unit alat.
     Data dapat disimpan dalam media perekam. Media ini ada yang  berupa on-board/internal, external (elect field book) atau berupa card/PCMCIA Card.  -> salah catat tidak ada.
     Mampu melakukan beberapa hitungan (misal: jarak datar, beda tinggi dll) di dalam alat. Juga mampu menjalankan program-program survey, misal : Orientasi arah, Setting-out, Hitungan Luas dll, kemampuan ini tergantung type total stationnya.
     Untuk type “high end”nya ada yang dilengkapi motor penggerak, dan dilengkapi dengan ATR-Automatic Target Recocnition, pengenal objek otomatis (prisma).
     Type tertentu mampu mengeliminir kesalahan-kesalahan : kolimasi Hz & V, kesalahan diametral, koreksi refraksi, dll. Hingga data yang didapat sangat akurat.
     Ketelitian dan kecepatan ukur sudut dan jarak jauh lebih baik dari theodolite manual dan meteran. Terutama untuk pemetaan situasi.
     Alat baru dilengkapi Laser Plummet, sangat praktis dan Reflector-less EDM ( EDM tanpa reflector )
     Data secara elektronis dapat dikirim ke PC dan diolah menjadi Peta dengan program mapping software.
Apa Beda theodolite dengan Total station?
Theodolite sebenarnya adalah alat pengukur sudut saja, jadi data primer yang dihasilkan dari theodolite hanya sudut horizontal, sudut vertikal dan bacaan rambu ukur. Untuk mendapatkan jarak diperlukan data pendukung seperti data dari EDM, meteran atau dengan tachimetri. Sedangkan Total station langsung bisa mendapatkan data sudut dan jarak dalam satu pengukuran.
Bagaimana Cara Kerja Total Station?
Total station merupakan perangkat elektronik yang dilengkapi piringan horisontal, piringan vertikal dan komponen pengukur jarak. Dari ketiga data  primer ini ( Sudut horisontal, sudut vertikal dan jarak) bisa didapatkan nilai koordinat X,Y,Z serta beda tinggi. Data direkam dalam memory dan selanjutnya bisa ditransfer ke komputer untuk di olah menjadi data spasial.

artikel lagi !

Jenis Theodolite

Maret 12th, 2010 by sijanggut
Macam Theodolite berdasarkan konstruksinya, dikenal dua macam yaitu:
1. Theodolite Reiterasi ( Theodolit sumbu tunggal )
Dalam theodolite ini, lingkaran skala mendatar menjadi satu dengan kiap, sehingga bacaan skala mendatarnya tidak bisa di atur.
Theodolite yang di maksud adalah theodolit type T0 (wild) dan type DKM-2A (Kem)
2. Theodolite Repitisi
Konsruksinya kebalikan dari Theodolite reiterasi, yaitu bahwa lingkaran mendatarnya dapt diatur dan dapt mengelilingi sumbu tegak.
Akibatnya dari konstuksi ini, maka bacaan lingkaran skala mendatar 0ยบ, dapat ditentukan kearah bdikan / target myang dikehendaki. Theodolit yang termasuk ke dakm jenis ini adalah theodolit type TM 6 dan TL 60-DP (Sokkisha ), TL 6-DE (Topcon), Th-51 (Zeiss)
theodolit.blogspot.com/

campuran :

Total Station merupakan teknologi alat yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolite dengan teknologi EDM (electronic distance measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target (alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM). Beberapa tipe total station bisa
Rekomendasi Pemakaian :
A. Total Station sebaiknya digunakan untuk pengukuran tata batas baru, baik itu tata batas hutan maupun tata batas dengan pihak ketiga seperti halnya pinjam pakai dan tukar menukar kawasan hutan.
B. Total Station sebaiknya digunakan untuk pengukuran berulang (contoh : rekonstruksi batas kawasan hutan), dimana data sebelumnya diperoleh dari pengukuran menggunakan Total Station juga.

Pengukuran, pemetaan, dan mengamati adalah fungsi utama survei tanah Texas. Alat survei yang paling penting adalah total station. Nama berasal dari digabung dengan jarak meter untuk mengukur jarak dan teodolit untuk mengukur sudut ke dalam satu perangkat.


Stasiun total didukung baik oleh tiang atau tripod. Ini mengirimkan seberkas cahaya inframerah menuju prisma optik. Ini kemudian cermin cahaya kembali ke total station dan mengambil pengukuran. Pengukuran ini dihitung dalam total station dengan waktu yang dibutuhkan untuk cahaya untuk kembali.


Semua data bahwa tindakan total station (sudut dan jarak) didokumentasikan dalam sebuah kolektor data dan di-download ke komputer.

terjemahan dari gambar :
A Guide to Stasiun Total:
Sebuah stasiun total adalah kombinasi transit elektronik dan alat pengukur jarak elektronik (EDM). Dengan perangkat ini, seperti transit dan tape, orang dapat menentukan sudut dan jarak dari alat ke titik-titik yang akan disurvei. Dengan bantuan trigonometri, sudut dan jarak yang dapat digunakan untuk menghitung posisi sebenarnya (x, y, dan z atau Northing, arah timur dan elevasi) dari titik yang telah disurvey secara absolut.


Sebuah transit standar pada dasarnya adalah sebuah teleskop dengan cross-rambut untuk peninjauan target, teleskop terpasang dengan skala untuk mengukur sudut rotasi teleskop (biasanya relatif ke utara sebagai 0 derajat) dan sudut kemiringan dari teleskop (relatif terhadap horizontal sebagai 0 derajat). Setelah memutar teleskop untuk bertujuan target, orang dapat membaca sudut rotasi dan sudut kemiringan dari skala. Transit elektronik menyediakan digital read-out dari sudut bukan skala, itu adalah baik lebih akurat dan lebih rentan terhadap kesalahan yang timbul dari interpolasi antara tanda pada skala atau dari salah-rekaman. pembacaan ini juga terus-menerus, maka sudut dapat diperiksa setiap saat.
Aksesoris Diperlukan untuk digunakan dengan Stasiun Total:
Prism: Single prisma dan prisma triple


Bagian lain dari total station, jarak elektronik alat ukur atau EDM, mengukur jarak dari instrumen ke sasaran. Para EDM mengirimkan sebuah sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit, dan unit pengukuran menggunakan waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh balok. Dengan beberapa pengecualian, EDM mengharuskan target sangat reflektif, dan prisma mencerminkan biasanya digunakan sebagai target. Prisma mencerminkan adalah perangkat silindris tentang diameter minuman-lunak dapat dan sekitar 10 cm. di ketinggian, di salah satu ujung adalah meliputi kaca piring dan di lain adalah sebuah kerucut terpotong dengan ekstensi berulir. Hal ini biasanya kacau menjadi target / braket di atas tiang, ujung runcing tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei.


Tripod dan Kutub


Stasiun total terpasang pada tripod dan diratakan sebelum digunakan. Sementara itu, prisma ini dipasang pada sebuah tiang tinggi diketahui; braket pemasangan termasuk alat bantu untuk membidik instrumen. Prisma ini dipasang sehingga titik refleksi yang sejajar dengan pusat tiang yang telah terpasang. Meskipun ujung tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei, instrumen harus ditujukan pada prisma. Sehingga akan menghitung posisi prisma, bukan titik akan disurvei. Karena prisma ini langsung di atas ujung, ketinggian tiang dapat dikurangi untuk menentukan lokasi titik. Itu mungkin dilakukan secara otomatis. (tiang harus diadakan tegak, dan tingkat gelembung melekat untuk memberikan pekerja memegang cek tiang a)

QTS-7002 Advanced Total Station dengan Touch Panel Display

     Ketelitian: 2 ", Membaca minimum: 1" / 5 "
     Cepat dan Terpercaya Pengukuran
     Advanced Double-sisi Touch Besar panel layar LCD dengan Backlight
     Data Input Sistem, dengan Open Komunikasi
     Onboard kapasitas penyimpanan yang besar dari 10.000 bacaan
     Laser Plummet dan baterai cadangan dimasukkan sebagai aksesori standar
     Maksimum Tampilan: Sebelas Digit 9999999.999m
     Konversi Metrik ke unit Imperial
     2 Tahun Garansi
     Dua Mode untuk input tombol fungsi: modus menyentuh atau tekan tombol mode

 
total station series :

Total Station Topcon Series
Total Station Topcon Series
Total Station Topcon, TS Topcon, Total Station Topcon
CV.MEDIA TEKNOLOGI Jual Total Station Topcon Artikel Baru Pembongkaran berbagai tipe: Total Station Topcon GTS-102N, Total Station Topcon GTS-233N, Total Station Topcon GTS-235N, Total Station Topcon GTS-236N, Total Station Topcon GTS-239N, Total Station Topcon GTS-751, Total Station Topcon GTS-752, Total Station Topcon GTS-753, Total Station Topcon GTS-755, Total Station Topcon GPT-3002LN, Total Station Topcon GPT-3003LN, Total Station Topcon GPT-3005LN, Topcon Total Station GPT-3007LN, Total Station Topcon GPT-3102N, Total Station Topcon GPT-3103N, Total Station Topcon GPT-3105N, Total Station Topcon GPT-3107N, Total Station Topcon GPT-7501, Topcon Total Station GPT-7502, Topcon Total Station GPT -7503, Total Station Topcon GPT-7505


Artikel Baru Total Station Topcon, manfaat Yang didapat:
a) Peralatan lebih praktis KARENA theodolit digital, EDM, buku dan
b) ukur elektronik KESAWAN Satu unit
c) Kesalahan operator Baik dieliminir salah baca, salah catat, salah hitung Serta gambar salah
d) Data asli KESAWAN Tersimpan Memori alat dan dapat ditansfer ke Komputer (download dan upload)
e) Proses penggambaran Komputer dan perhitungan Artikel Baru
f) Keseluruhan proses teliti dan Cepat menjadi lebih
g) Produktivitas meningkat


Contoh Aplikasi:
a) dan Pengukuran Poligon; batasan
b) Pemasangan pipa Minyak
c) Perencanaan jalan
d) volume timbunan dan Hitungan Galian
e) Pekerjaan Rekayasa Konstruksi
f) Deformasi Bendungan, Irigasi dan lain-lain


Adapun Produk Total Station Topcon Seri Yang Kami tawarkan, diantaranya: Total Station Topcon GTS-233N, Total Station Topcon GTS-235N, Total Station Topcon GTS-236N, Total Station Topcon GTS-239N, Total Station Topcon GTS-102N, Total Station Topcon GTS-105N.

untitled 1 :

Instrumen dan GPS Dukungan

Instrumen Pemilihan

FieldGenius memiliki lokasi pusat untuk mengakses pengaturan untuk Anda Total Station dan peralatan GPS.

Mudah digunakan menu membantu Anda mengkonfigurasi peralatan anda dengan mudah tanpa semua pekerjaan menebak.

Tidak yakin yang pengaturan untuk digunakan?

Hanya tekan tombol Bantuan untuk mengakses sistem bantuan yang komprehensif kami on-board.





Total Station dan GPS Toolbar

Bila tersambung ke total station Anda akan memiliki akses yang mudah ke semua pilihan Anda untuk instrumen Anda. Pilihan ini muncul pada toolbar instrumen yang saat ini ditampilkan di sisi kanan layar.

Pada toolbar ini, Anda dapat mengubah pengaturan instrumen, tinggi target dan mode pengukuran.

GPS film di sini.

 untitled 2 :

Instrumen dan GPS Dukungan


Instrumen Pemilihan


FieldGenius memiliki lokasi pusat untuk mengakses pengaturan untuk Anda Total Station dan peralatan GPS.


Mudah digunakan menu membantu Anda mengkonfigurasi peralatan anda dengan mudah tanpa semua pekerjaan menebak.


Tidak yakin yang pengaturan untuk digunakan?


Hanya tekan tombol Bantuan untuk mengakses sistem bantuan yang komprehensif kami on-board.









Total Station dan GPS Toolbar


Bila tersambung ke total station Anda akan memiliki akses yang mudah ke semua pilihan Anda untuk instrumen Anda. Pilihan ini muncul pada toolbar instrumen yang saat ini ditampilkan di sisi kanan layar.


Pada toolbar ini, Anda dapat mengubah pengaturan instrumen, tinggi target dan mode pengukuran.


GPS film di sini.






Serupa dengan toolbar total station, setelah anda tersambung ke penerima GPS Anda akan melihat toolbar dengan pilihan GPS terkait.


Menampilkan toolbar GPS untuk Anda status satelit saat ini, langit plot, nilai PDOP dan banyak lagi.






Kontrol instrumen Advanced memastikan bahwa Anda memaksimalkan produktivitas Anda dengan menggunakan fitur-fitur canggih pada instrumen Anda.


(Gambar dari berita ketika terhubung ke Leica Robotic Instrumen. Hal ini memungkinkan Anda untuk memeriksa instrumen untuk tingkat sementara pada tiang)



untitled 3 :

Total Station Topcon GTS-235N siap dengan ketepatan kualitas dan ekonomis, desain kompak yang cocok untuk sehari-hari dan mengukur posisi aplikasi seperti topo tata letak dan konstruksi.
Total Station Topcon menyediakan konstruksi profesional dengan lay-out yang didedikasikan solusi. Menggunakan on-board software layout poin di lapangan, yakin bahwa dengan Topcon, anda bisa menggunakan salah satu dari bidang pengendali atau menjalankan salah satu dari perangkat lunak yang sesuai dengan tugas-tugas yang ingin Anda lakukan.

SPECIFICATION :
Magnification
30x
Circle Diameter
45mm
Accuracy
5”
Minimum Reading
1”
Minimum Distance
1,3 Meter
Distance
2.000 Meter {3 2ppmx D}mm
Data Storage
24.000 Point
Comunication
RS-232 Cable
Display
2 Display
Battery
Rechargeable Nimh 9 Hours
Dimension
184x172x336mm
Weight
4.9kg

Paket Termasuk :
* Unit Topcon Total Station
* 2 x Aluminium Tripod
* 1 x Prisma Polygon
* 1 x Range Pole
* 1 x Single Prism
* 1 x Cable Data
* 1 x Software Data


untitled 4 :

Peningkatan Kinerja EDM
Seri stasiun baru total memperluas daerah pengukuran untuk 4.000 m (13.120 ft) dengan prisma tunggal, dan sampai dengan 5.000 m (16.400 ft) dengan tiga prisma. Hal ini merupakan peningkatan 20 persen dari model sebelumnya sambil mengurangi waktu pengukuran sebesar 40 persen.


Aart Bakker, manajer penjualan produk survei, mengatakan "The Seri 50x menggabungkan sinyal pengukuran lima dengan frekuensi modulasi tertinggi 75MHz. Dalam hubungannya dengan teknologi pemrosesan sinyal digital yang canggih juga digunakan dalam stasiun reflectorless kami total, EDM baru secara signifikan meningkatkan jarak pengukuran kemampuan dan kehandalan di bawah semua kondisi lingkungan. "


Baru Compensator, IACS dan World-terbukti Sistem Encoder
Sensor kemiringan baru unit dual-sumbu meningkatkan jangkauan kompensasi kepada ± 6 '(± 111mgon), memfasilitasi pengaturan instrumen seperti leveling dan centering.


The 2 "model baru dilengkapi dengan Sistem Kalibrasi Angle Independen (IACS) untuk lebih meningkatkan stabilitas pengukuran. Yang IACS umumnya digunakan dalam model high-end dengan 0.5" / 1 "/ 2" akurasi sudut NET, SRX dan SET X. Bakker mengatakan, "Sistem sudut encoder yang sangat sederhana terdiri dari sejumlah minimum bagian optik dan mekanik sistem ini juga dilengkapi teknologi inovatif untuk secara otomatis mendeteksi dan benar salah membaca pola encoder.."


Tertinggi Perlindungan terhadap Debu dan Air
IP66 perlindungan industri terkemuka terus keluar debu bubuk, pasir, lumpur, salju, menetes air atau mengemudi hujan.


Fitur Lainnya Sertakan
* Kelas output 1 aman laser
* Built-in laser merosot pilihan untuk instrumen pengaturan cepat
* SD atau SDHC slot kartu dan USB slot memori flash ditambahkan
* Built-in modul pilihan Bluetooth ® untuk komunikasi nirkabel dengan pengumpul data
* Password proteksi untuk mencegah penggunaan tidak sah


"The 50x Series dirancang untuk pengguna yang menginginkan kompak, akurat, namun yang paling kasar dan diandalkan total stasiun," kata Bakker. "The Seri 50x bergabung dengan keluarga 'X' dari instrumen yang merupakan 'paling dalam presisi dan keandalan' dipastikan dengan merek Sokkia."


Produk lineup
Model dengan empat tingkat akurasi sudut:
- SET250X (2 ")
- SET350X (3 ")
- SET550X (5 ")
- SET650X (6 ")


Tentang Sokkia
Sokkia, didirikan pada tahun 1920 di Jepang, adalah produsen terkemuka dalam mengembangkan solusi pengukuran lengkap untuk survei, konstruksi dan industri aplikasi pengukuran. Portofolio kami termasuk sistem GNSS (Global Navigation Satellite Systems), reflectorless dan total stasiun robot, stasiun 3-D otomatis, theodolites digital, otomatis / tingkat digital, rotasi laser baris / dan perangkat lunak.


untitled 5 :

Home
Total Station untuk Pengukuran Batas Kawasan Hutan

Rabu, 12 Maret 2008 00:54
Land Surveying atau lebih dikenal dengan ilmu ukur tanah merupakan bagian ilmu geodesi, yaitu ilmu yang mempelajari posisi titik, area atau wilayah  pada, di atas dan di bawah permukaan bumi dengan cakupan wilayah maksimal 37 Km x 37 Km dengan kondisi rupa bumi  dianggap datar. Salah satu jenis pekerjaan pengukuran Land Surveying adalah Survey terestrial. Survey terestrial merupakan pekerjaan pengukuran yang dilakukan di atas permukaan bumi dengan tujuan untuk mengambil data-data ukuran jarak, arah, sudut dan ketinggian yang nantinya akan dijadikan  dasar pembuatan Peta Terestris.
Balai Pemantapan Kawasan Hutan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tidak terlepas dari pekerjaan  pemetaan. Salah satu aplikasi survey terestrial adalah pengukuran tata batas kawasan hutan. Dalam suatu pekerjaan pengukuran tentunya tidak terlepas dari kebutuhan peralatan pengukuran itu sendiri disamping persiapan-persiapan teknis dan non teknis lainnya. Alat ukur utama dalam pekerjaan pengukuran tata batas hutan adalah Theodolit jenis T0. Selama berpuluh-puluh tahun Departemen Kehutanan menjadikan theodolit T0 sebagai alat utama dalam sebuah pengukuran tata batas hutan.
Berdasarkan aspek ketelitian theodolit T0 termasuk dalam kategori alat tidak teliti. Alat ukur theodolit telah mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat seiring dengan tuntutan kebutuhan dari masing-masing pengguna. Perkembangan teknologi alat theodolit setelah theodolit tipe T0 yaitu muncul theodolit tipe T1 (agak teliti), tipe T2 (teliti), tipe T3 (teliti sekali) dan tipe T4 (sangat teliti). Theodolit tipe T0 mempunyai ketelitian bacaan sudut  ± 1’ (satu menit) dan ketelitian bacaan jarak ± 1 cm, sedangkan theodolit tipe T4 mempunyai ketelitian bacaan sudut ± 0,1” (Nol koma satu detik) dengan ketelitian bacaan jarak 0,1 mm (nol koma satu milimeter).
Perkembangan terakhir dari theodolit yaitu munculnya generasi Total Station dan Smart Station. Total Station merupakan teknologi alat yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolit dengan teknologi EDM (electronic distance measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target (alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM). Sedangkan Smart Station merupakan penggabungan Total Station dengan GPS Geodetic.
Untuk  mengenal alat Total Station secara mendalam dapat dilakukan dengan cara membandingkannya dengan  alat ukur Theodolit T0. Theodolit T0 yang banyak  digunakan di Departemen Kehutanan adalah theodolit T0 kompas. Meskipun banyak  pabrikan dan variasi  alat, namun  dapat dibandingkan secara umum  antara Total Station dengan Theodolit T0 kompas, sebagai berikut :
1.    Ketelitian bacaan ukuran sudut T0  yaitu : 1’ sedangkan Total Station jauh lebih teliti yaitu : 1”≥ .
2.     Ketelitian bacaan ukuran jarak T0 yaitu berkisar ± 1 Cm sedangkan Total Station jauh lebih teliti yaitu berkisar antara 0,1 Cm – 0,01Cm.
3.    Kemampuan jarak yang diukur oleh Total Station dengan prisma tunggal rata-rata 3.000 meter, sedangkan jarak optimal T0 yaitu 200 meter dan sangat subyektif dengan pembacaan masing-masing surveyor dalam membaca rambu ukur.
4.    Sumber kesalahan yang bisa dieliminasi atau dihindari dalam pengukuran dengan Total Station diantaranya yaitu kesalahan kasar (blunder). Kesalahan blunder yaitu kesalahan yang diakibatkan karena kelalaian manusia, contoh diantaranya yaitu : salah baca, salah tulis dan salah dengar. Kemampuan membaca, menginterpolasi bacaan rambu ukur, menginterpolasi bacaan arah azimuth kompas pada alat T0 setiap orang berbeda beda. Kondisi lelah pun bisa mengakibatkan salah membaca dan salah mendengar. Sedangkan pada Total Station bacaan arah, sudut dan bacaan jarak sudah ditampilkan otomatis pada tampilan layar, bahkan dapat tersimpan secara otomatis dalam memori alat ukur.
5.    Pengolahan data ukuran Total Station dilengkapi dengan software yang telah disediakan oleh pabrikan, sehingga pengolahan data lebih cepat. Data ukuran jarak, sudut, azimuth dan koordinat tersimpan di memory alat. Pada beberapa  jenis Total Station, sketsa titik-titik yang diukur dapat ditampilkan posisinya pada layar monitor alat. Data ukuran dari T0 harus dicatat dan digambar pada buku ukur, sehingga menambah waktu pekerjaan dibandingkan dengan Total Station. Akan tetapi untuk tujuan backup data, dapat pula dilakukan pencatatan  pada buku ukur untuk data ukuran Total Station.
6.    Format data hasil ukuran Total Station sudah bisa diaplikasikan langsung dengan program GIS dan digabungkan dengan data GPS, sedangkan data hasil ukuran T0 merupakan data mentah dan harus dilakukan pengolahan data terlebih dahulu.
7.    Kesalahan Kolimasi (garis bidik tidak sejajar dengan sumbu II), kesalahan index vertikal sudah diset Nol sehingga tidak perlu pengaturan lagi. Pada alat T0 harus dilakukan pengecekan kolimasi dan index vertikal sebelum alat digunakan, sehingga apabila terjadi kesalahan secepatnya dilakukan koreksi sebelum alat tersebut dipakai dalam pengukuran di lapangan.
8.    Pada proses pengukuran stake out atau pencarian titik atau rekonstruksi, Total Station lebih memudahkan pelaksana dalam mencari titik-titik tersebut. Dengan memasukan koordinat acuan titik dan data jarak dan sudut yang diketahui, maka pencarian titik tersebut lebih mudah, karena alat Total Station menghitung secara otomatis posisi prisma berdiri. Pada T0 harus dilakukan perhitungan dengan kalkulator untuk mendapatkan posisi yang paling tepat.
9.    Pada kondisi cahaya redup ataupun gelap, pengukuran masih bisa dilaksanakan karena Total Station menggunakan teknologi infra merah, sedangkan dengan Theodolit sangat sulit dilakukan  khususnya dalam membaca rambu, serta  membaca sudut horisontal dan sudut vertikal.
10.                        Atraksi lokal yang disebabkan oleh benda-benda logam di sekitarnya berpengaruh terhadap kondisi bacaan yang ditunjukan oleh kompas, Total Station tidak dipengaruhi oleh atraksi lokal tersebut.
Hal-hal tersebut di atas merupakan keutamaan alat ukur Total Station secara umum, karena ada tipe robotik untuk Total Station yang mempunyai kemampuan mencari target sendiri secara otomatis. Dari keutamaan-keutamaan tersebut di atas, tentunya sudah memberikan gambaran bahwa Total Station memiliki keunggulan dari theodolit T0. Beberapa hal yang harus diperhatikan bersama mengenai alat Total Station, diantaranya :
1.    Total Station merupakan teknologi baru di lingkup Departemen Kehutanan, walaupun sebenarnya di dunia pengukuran Total Station sudah muncul dan berkembang cukup lama, sehingga persiapan tenaga ukur yang handal perlu dipersiapkan.
2.     Total Station dioperasikan dengan menggunakan tenaga dari baterai, kelemahannya adalah harus membawa banyak baterai. Perlu diperhitungkan dan dipersiapkan jumlah dan atau jenis baterai yang akan digunakan. Pabrikan Total Station rata-rata sudah menggunakan baterai lithium, akan tetapi surveyor sebagai pengguna harus menguji lamanya  baterai yang dapat digunakan dalam suatu rangkaian pengukuran. Kondisi hutan jauh dari pemukiman mengakibatkan proses isi ulang baterai sulit dilakukan. Dari pengujian lamanya kemampuan baterai lithium tersebut maka dapat ditentukan berapa baterai cadangan yang harus dibawa dalam suatu kegiatan pengukuran.
3.    Beberapa Total Station dilengkapi pula dengan kotak khusus untuk pengganti  baterai lithium yaitu digunakan apabila surveyor akan menggunakan baterai jenis alkaline ukuran AAA+. Baterai alkaline bisa dijadikan alternatif untuk persediaan baterai cadangan, tentunya sebelum memutuskan memilih jenis baterai cadangan perlu menguji lamanya baterai tersebut bisa dipakai. Sehingga baterai jenis alkaline pun bisa ditentukan jumlahnya untuk keperluan cadangan di lapangan.
4.    Total Station memiliki rangkaian elektronik di dalam alatnya, sehingga dalam membawanya perlu perhatian lebih dibanding T0 yang memiliki konstruksi alat di dalam cukup sederhana dan tidak ada rangkaian elektronik.
5.    Pengukuran menggunakan alat Total Station memerlukan 2 (dua) titik pasti berkoordinat tetap yang memiliki ketelitian tinggi di awal pengukuran  sebagai orientasi awal. Titik tersebut bisa berupa pal batas berkoordinat atau Jatikon atau titik pasti berkoordinat lainnya.
6.    Penggunaan statif /kaki tiga untuk  menempatkan prisma membutuhkan kemampuan teknis dalam mendirikannya untuk memperoleh posisi yang benar, oleh karena itu diperlukan 3 tenaga teknis dalam pengukuran.
7.    Alternatif penggunaan prisma pole (tempat mendirikan prisma berbentuk jalon/anjir yang dilengkapi dengan nivo) sebagai pengganti penggunaan statif /kaki tiga untuk prisma dapat membantu meningkatkan kecepatan pengukuran.
8.     Alat ukur Total Station memiliki metoda pengukuran poligon sudut, sehingga harus mendirikan alat di setiap titik pal batas, berbeda halnya dengan T0 kompas. T0 kompas dapat melakukan pengukuran dengan melompat 1 titik ke titik berikutnya, sehingga pengukuran lebih cepat dibandingkan dengan Total Station.
9.    Pemakaian Total Station di lingkup Departemen Kehutanan belum memiliki payung hukum  yang jelas diantaranya mengenai standar jarak yang dapat ditempuh dengan
Total Station.  Sebagai contoh : standar jarak untuk pekerjaan pemancangan batas sementara yang dikerjakan dengan menggunakan T0 yaitu 1 km dalam 1 hari. Untuk kelancaran pekerjaan, maka perlunya penetapan aturan yang jelas berkenaan dengan pemakaian alat ukur Total Station.
Rekomendasi Pemakaian :
1.     Total Station sebaiknya digunakan untuk pengukuran tata batas baru, baik itu tata batas hutan maupun tata batas dengan pihak ketiga seperti halnya pinjam pakai dan tukar menukar kawasan hutan.
2.    Total Station sebaiknya digunakan untuk pengukuran berulang (contoh : rekonstruksi batas kawasan hutan), dimana data sebelumnya diperoleh dari pengukuran menggunakan Total Station juga.
Adapun pertimbangan-pertimbangannya adalah :
1.    Total Station mempunyai sistem pengukuran yang berbeda dengan T0 Kompas, dimana Total Station dasar pengukurannya adalah poligon sudut dan T0 Kompas adalah poligon kompas. Secara teori bahwa poligon sudut lebih teliti dari pada poligon kompas yang banyak dipengaruhi oleh kondisi kompas.
2.    Secara keseluruhan sistem alat, Total Station mempunyai ketelitian lebih tinggi dibandingkan dengan T0 Kompas.
3.     Permasalahan yang akan terjadi adalah pada kondisi berikut ini :
     Data hasil ukuran yang diperoleh dari alat berketelitian rendah (T0 Kompas) diukur ulang dengan alat ukur berketelitian tinggi (Total Station), maka akan terjadi data baru yang berbeda dengan data ukuran lama. Hal ini akan berpengaruh pada perubahan data  posisi,  jarak dan luasan suatu kawasan hutan yang telah ditetapkan sebelumnya. Berita Acara Tata Batas, buku ukur serta peta hasil akan berubah dan bagaimana menyikapi perubahan tersebut yang berkaitan erat dengan status hukum yang telah ditetapkan sebelumnya. Apabila buku ukur,  peta hasil dan Berita Acara Tata Batas  tetap sama isinya,  maka pekerjaan pengukuran dengan menggunakan alat yang lebih teliti (Total Station) merupakan pekerjaan yang tidak berguna.
     Apabila digunakan untuk seluruh kawasan yang telah ditata batas sebelumnya dengan T0 Kompas, maka sangat banyak perubahan dalam Berita Acara Tata Batas, buku ukur dan  peta hasil serta status hukumnya. Perubahan-perubahan tersebut akan memerlukan waktu lama dan biaya besar.
     Data hasil ukuran Total Station (teliti) diukur ulang dengan menggunakan T0 kompas (tidak teliti) maka akan berbeda data yang diperoleh. Secara urutan ketelitian tentunya pekerjaan seperti ini tidak boleh terjadi.

untitled 6.1 :
topcon total station / 021-68897775
Total Station : NIKON, SOKKIA, TOPCON, HORIZON,


Total Station Nikon dtm-352 , Total Station Nikon dtm-362, Total Station Nikon dtm-532, Total Station Nikon dtm-632, Total Station Nikon dtm-652, Total Station Sokkia set-310, Total Station Sokkia set-510, Total Station set-610, Total Station Topcon gts-233n, Total Station Topcon gts-235n, Total Station Topcon gts -236n, Total Station Topcon gts-239, Total Station Horizon hts-352, Total Station Horizon-355, Total Station South NTS-352.


Topcon Total Station GTS-233N


- Ketelitian Sudut : 3”
- Ketelitian Jarak : ± -( 2mm+ 2ppmxD)
- Pembesaran Lensa : 30x
- Ketelitian sudut : 1” / 5”
- Internal Memory : 24.000 Points
- Display : 2 Muka
- Jarak ukur 1 Prisma : 3.000 M
- Jarak ukur 3 Prisma : 4.000 M


Topcon Total Station GTS-235N


- Ketelitian Sudut : 5”
- Ketelitian Jarak : ± -( 2mm+ 2ppmxD)
- Pembesaran Lensa : 30x
- Ketelitian sudut : 1” / 5”
- Internal Memory : 24.000 Points
- Display : 2 Muka
- Jarak ukur 1 Prisma : 3.000 M
- Jarak ukur 3 Prisma : 4.000 M


Topcon Total Station GTS-236N


- Ketelitian Sudut : 6”
- Ketelitian Jarak : ± -( 2mm+ 2ppmxD)
- Pembesaran Lensa : 30x
- Ketelitian sudut : 1” / 5”
- Internal Memory : 24.000 Points
- Display : 1 Muka
- Jarak ukur 1 Prisma : 3.000 M
- Jarak ukur 3 Prisma : 4.000 M


Topcon Total Station GTS-239N


- Ketelitian Sudut : 9”
- Ketelitian Jarak : ± -( 3mm+ 3ppmxD)
- Pembesaran Lensa : 30x
- Ketelitian sudut : 1” / 5”
- Internal Memory : 24.000 Points
- Display : 1 Muka
- Jarak ukur 1 Prisma : 2.000 M
- Jarak ukur 3 Prisma : 2.700 M


Complete with :


3 x Aluminium Tripod
2 x Prisma Polygon
1 x Range Pole
1 x Single Prism
1 x Cable Data
1 x Software Data
Price:
Nego / murah,harga promo
Payment Method:
Telegraphic Transfer (T/T), Cashier Order
Quantity:
Ready stock
Pack. & Delivery:
box

 NB : UDAH TEMAN,, NTAR DI EDIT SENDIRI !



Share this Article with Your Friends :
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar