2NE1 (21) AKU (33) dream (2) FAMILY (4) FANATIK (30) FANTASTIK (63) FUTURE (5) GOKIL (29) IPTEK (8) JAWABAN (1) KAMUT (12) LOVE (30) lyric (46) MAGANG (44) PAST (8) POTRET (14) puisi (14) sad story (64) SBMPTN (3) SERBA - SERBI (51) SKOLA (90) stupid (17) THINKING (22) traveling (1) UMPIRE (5) WORK (9)

Selasa, 14 Juni 2011

TOTAL STATION 20 JUDUL to : 3 TGB 2

dari billy :

1.   PENGERTIAN TOTAL STATION


         Dalam dunia teknik, konstruksi, tambang, survey  dan pemetaan sering kita mengenal istilah Total station. Apa sebenarnya total station? Apakah total station sama dengan theodolit? apa juga beda Total station dengan GPS? Tulisan saya kali ini akan mengupas mengenai apa itu Total station dan bagaimana cara kerjanya.

     
·        Apa itu Total Station?
       
          Total station adalah alat ukur sudat dan jarak yang terintegrasi dalam satu unit alat. Total station juga sudah dilengkapi dengan processor sehingga bisa menghitung jarak datar, koordinat, dan beda tinggi secara langsung tanpa perlu kalkulator lagi.
Berikut ini penjabaran mengenai pengertian Total station :

ñ Total Station : adalah peralatan elektronik ukur sudut  dan jarak (EDM) yang menyatu dalam 1 unit alat.
ñ Data dapat disimpan dalam media perekam. Media ini ada yang  berupa on-board/internal, external (elect field book) atau berupa card/PCMCIA Card.  -> salah catat tidak ada.
ñ Mampu melakukan beberapa hitungan (misal: jarak datar, beda tinggi dll) di dalam alat. Juga mampu menjalankan program-program survey, misal : Orientasi arah, Setting-out, Hitungan Luas dll, kemampuan ini tergantung type total stationnya.
ñ Untuk type “high end”nya ada yang dilengkapi motor penggerak, dan dilengkapi dengan ATR-Automatic Target Recocnition, pengenal objek otomatis (prisma).
ñ Type tertentu mampu mengeliminir kesalahan-kesalahan : kolimasi Hz & V, kesalahan diametral, koreksi refraksi, dll. Hingga data yang didapat sangat akurat.
ñ Ketelitian dan kecepatan ukur sudut dan jarak jauh lebih baik dari theodolite manual dan meteran. Terutama untuk pemetaan situasi.
ñ Alat baru dilengkapi Laser Plummet, sangat praktis dan Reflector-less EDM ( EDM tanpa reflector )
ñ Data secara elektronis dapat dikirim ke PC dan diolah menjadi Peta dengan program mapping software.



   PENGENALAN BAGIAN-BAGIAN INSTRUMEN


2.   TAMPILAN LAYAR 


 • instrumen menggunakan layar LCDdot matrixmemiliki 160x64 dot dengan lampu latar

LCD yang digunakan memiliki empat baris dan 20 karakter untuk setiap baris.

• Tiga baris pertama berisikan data hasil pengukuran termasuk atributnya sedangkan  baris keempat berisikan tombol-tombol fungsi yang berubah sesuai dengan mode
Pengukuran yang ditampilkan.

                                                    Mode Pengukuran Sudut



                             Keterangan :
                             Bacaan sudut vertikal : 90°10’20˝
                             Bacaan sudut horizontal Kanan : 170°30’40”
                                                      Mode Pengukuran Jarak            

                        
                           Keterangan :
                           Bacaan sudut horizontal kanan : 120°30’40˝
                           Bacaan jarak mendatar : 65,432 m
                           Bacaan beda tinggi terhadap posisi instrumen : 12,345 m


3.    Tacheometer atau stasiun Jumlah



           Tacheometer memungkinkan Anda melakukan pengukuran goniometric bersamaan dengan pengukuran jarak dan basis data yang diterima untuk membuat perhitungan teknik, menjaga semua informasi yang ada.

Tacheometer banyak digunakan di tempat kerja geodetik baik sipil dan untuk memecahkan masalah lain. perangkat universal Seperti tachometer elektronik memungkinkan menyimpan kekuatan dan waktu untuk keputusan semua masalah. Kesempatan untuk transfer data memilih selama pengukuran melalui antarmuka khusus di komputer dengan pengolahan selanjutnya lakukan tachometer salah satu perangkat yang paling tak tergantikan.
tacheometer Semua bisa dibagi menjadi tiga kelompok dasar: The tacheometer elektronik dasar, Perangkat kelas menengah Elektronik tacheometer (total station).


      Sifat-sifat dasar berbagai kecepatan, yang tak tertandingi dan keakuratan pengukuran.
Jumlah stasiun dikembangkan dalam pandangan kenyamanan maksimal kerja dari pengguna.


      Efisiensi tinggi tacheometer elektronik dimaksudkan untuk keputusan
Ini memiliki khalayak luas untuk tunggal masalah industri. Total Stasiun dirancang untuk mengukur jarak miring, sudut horizontal dan vertikal dan peningkatan dalam karya topografi dan geodesi, survei tacheometric, serta untuk solusi tugas aplikasi geodetik. Hasil pengukuran dapat direkam ke dalam memori internal dan dipindahkan ke antarmuka komputer pribadi.


    4 .Theodolit

Ini adalah perangkat geodetik dengan cara yang pengukuran sudut horisontal dan vertikal di kabupaten dibuat.
Dengan menggunakan kontrol teodolit dan tingkat, dengan menggunakan benang berbagai finder, adalah mungkin untuk melakukan pengukuran jarak.


Theodolite digunakan untuk mengukur sudut dalam triangulasi, pengukuran poligon, bridging, geodesi aplikasi, dan pengukuran astronomo-geodesi.
teodolit ini juga diproduksi dan ditujukan untuk mengukur sudut baik dengan metode standar dan autocollimation, dalam industri saat pemasangan elemen dan konstruksi mesin dan mekanisme, untuk membangun konstruksi industri dan keperluan lainnya.
Model ini dimaksudkan untuk mengukur sudut dalam aplikasi eksplorasi geodesi geodesi bridging,, dan karya-karya survei, survei teodolit, di-tanah survei pertambangan dll
Theodolites mudah dan dapat diandalkan dalam operasi. Kompensator pada lingkaran vertikal memungkinkan untuk membuat pengukuran yang cepat dan akurat. Berbeda dari asing analog yang theodolites izin untuk melaksanakan bekerja pada suhu yang lebih rendah.
Pada semua theodolites adalah mungkin untuk me-mount berbagai pencari cahaya berbagai design Perangkat dapat dilengkapi dengan tripod geodesi.
The theodolites dimaksudkan untuk mengukur sudut horisontal dan vertikal dan jarak dengan bantuan berbagai finder crosshair, meratakan dengan tingkat teleskop, penentuan azimuth magnetik terhadap kompas.
Menguntungkan fitur theodolites:
- Pembacaan dibuat dengan bantuan mikroskop skala,
- Dukungan dilepas dengan perangkat built-in optical centering memungkinkan untuk bekerja dengan cara tiga-tripod,
- Tegak teleskop gambar,
- Serviceability instrumen dalam kondisi iklim,
- Cahaya massa.
Karena ukurannya yang kecil dan ringan, kemudahan dalam operasi, kecepatan membaca dial, yang theodolites secara luas digunakan dalam konstruksi, pertanian, teknik eksplorasi dan survei, khususnya, dalam kondisi ekspedisi.

Instrumen dapat dilengkapi dengan tripod geodetik dari, built-in perangkat berpusat optik dan lentera untuk menerangi skala mikroskop.
Optical theodolites-mekanis berlaku untuk pengukuran sudut dalam sebuah segitiga, jaringan poligonal, dalam jaringan geodetik kondensasi, di geodesi diterapkan, pengukuran astro-geodetik.
Poligonal jaringan (dari polygonos Yunani - polygonal), suatu metode definisi posisi saling titik dari permukaan darat untuk pembangunan jaringan geodetik dasar dengan pengukuran panjang garis langsung menghubungkan titik-titik ini, dan sudut horizontal di antara mereka.
Dengan menggunakan perangkat ini adalah mungkin untuk melakukan:
Pengukuran sudut dalam kursus theodolitic dan tachometer;
Kerusakan jaringan survei terjadwal dan ketinggian tinggi;
Leveling oleh balok horisontal dengan menggunakan tingkat di pipa dan sebagainya

Theodolites dijalankan dalam pelaksanaan ergonomis, memiliki gambar langsung dan dapat diandalkan dalam pekerjaan. Kehadiran equalizer pada lingkaran vertikal memungkinkan melakukan pengukuran cepat dan tepat.
Pada beberapa theodolites adalah mungkin untuk membangun berbagai pencari cahaya dari berbagai desain, dan di theodolites lainnya adalah mungkin untuk membangun dalam berbagai pencari laser manual penambahan berbagai desain.

Jika perlu dan dengan keinginan perangkat pelanggan dapat diselesaikan dengan dukungan geodesi, penambat untuk manual laser range finders, roulette, dll Selain itu, pada dukungan disampaikan dapat dibentuk universal sekrup memungkinkan memperbaiki perangkat pembuatan dalam negeri atau impor.
Teodolit laser tak tergantikan bekerja dalam terowongan, perkembangan bawah tanah, dalam kondisi eksposur cahaya lemah.


Theodolites dibagi pada optik dan elektronik.

Optical theodolites adalah theodolites yang intendeded untuk pengukuran sudut horisontal dan vertikal.

Electronic theodolites berbeda dari theodolites optik yang kecuali kesalahan menghitung sebagai nilai dari sudut yang menyimpulkan pada layar.
Akurasi teodolit berbeda dari 30 "sampai dengan 1".
theodolites elektronik adalah alat modern untuk pengukuran sudut. Pada penggunaan kesalahan theodolites elektronik pencabutan readout dikecualikan - nilai dari sudut yang menyimpulkan pada layar
Theodolite membangun di atas dasar meja kecil dari tanda geodetik, sekrup mengangkat dan pada hasil tingkat sumbu vertikal dalam posisi curam, ternyata dari pipa sekitar sumbu vertikal dan horisontal mengarahkannya pada titik vised dan membuat pembacaan pada lingkaran. Ini memberikan arah, dan sudut terima sebagai selisih dua arah yang berdekatan. Dalam theodolites modern lingkaran menghasilkan dari kaca optik, diameter divisi 6-18 sm, interval yang paling umum antara divisi 20 'atau 10', dihitung sebagai alat melayani skala mikroskop dengan akurasi -6 "calculation1 'mikrometer Optical. Dengan perhitungan akurasi Facebook untuk 0,2-0,3 ".
Pada abad ke-20 ke-60 untuk definisi arah dari meridian (geografis) benar mulai menerapkan apa yang disebut girotheodolites dan nozel berbagai gyroscopic theodolites. Kesalahan definisi dari arah membuat girotheodolites "5-10.
Dari aksial, memperbaiki dan mengarahkan perangkat alat goniometric permintaan banyak. Misalnya, dalam presisi theodolites fluktuasi sudut sumbu vertikal tidak melebihi 2 ", in tools diterima kelainan bentuk pin mereka yang teleskop berputar, membuat saham mikron. Perangkat Memperbaiki seharusnya tidak menyebabkan deformasi elastis dalam sistem aksial dan perpindahan bagian tetap dari alat selama saat pengikatan perangkat Pengurus. harus melaksanakan movings lebih tipis dari bagian-bagian alat

Total Station efisiensi tinggi sistem pengukuran

Dasar karakteristik dan keunggulan:
- DR-pengukuran tanpa reflektor
- Sekelompok terlihat laser
- Kesederhanaan dalam pekerjaan
- Dukungan Grafis
- Desain dilindungi dan mudah

5.   BEBERAPA HAL YANG DIPERHATIKAN MENGENAI TOTAL STATION
1.       Total Station merupakan teknologi baru di lingkup Departemen Kehutanan, walaupun sebenarnya di dunia pengukuran Total Station sudah muncul dan berkembang cukup lama, sehingga persiapan tenaga ukur yang handal perlu dipersiapkan.
2.       Total Station dioperasikan dengan menggunakan tenaga dari baterai, kelemahannya adalah harus membawa banyak baterai. Perlu diperhitungkan dan dipersiapkan jumlah dan atau jenis baterai yang akan digunakan. Pabrikan Total Station rata-rata sudah menggunakan baterai lithium, akan tetapi surveyor sebagai pengguna harus menguji lamanya  baterai yang dapat digunakan dalam suatu rangkaian pengukuran. Kondisi hutan jauh dari pemukiman mengakibatkan proses isi ulang baterai sulit dilakukan. Dari pengujian lamanya kemampuan baterai lithium tersebut maka dapat ditentukan berapa baterai cadangan yang harus dibawa dalam suatu kegiatan pengukuran.
3.       Beberapa Total Station dilengkapi pula dengan kotak khusus untuk pengganti  baterai lithium yaitu digunakan apabila surveyor akan menggunakan baterai jenis alkaline ukuran AAA+. Baterai alkaline bisa dijadikan alternatif untuk persediaan baterai cadangan, tentunya sebelum memutuskan memilih jenis baterai cadangan perlu menguji lamanya baterai tersebut bisa dipakai. Sehingga baterai jenis alkaline pun bisa ditentukan jumlahnya untuk keperluan cadangan di lapangan.
4.       Total Station memiliki rangkaian elektronik di dalam alatnya, sehingga dalam membawanya perlu perhatian lebih dibanding T0 yang memiliki konstruksi alat di dalam cukup sederhana dan tidak ada rangkaian elektronik.
5.       Pengukuran menggunakan alat Total Station memerlukan 2 (dua) titik pasti berkoordinat tetap yang memiliki ketelitian tinggi di awal pengukuran  sebagai orientasi awal. Titik tersebut bisa berupa pal batas berkoordinat atau Jatikon atau titik pasti berkoordinat lainnya.
6.       Penggunaan statif /kaki tiga untuk  menempatkan prisma membutuhkan kemampuan teknis dalam mendirikannya untuk memperoleh posisi yang benar, oleh karena itu diperlukan 3 tenaga teknis dalam pengukuran.
7.       Alternatif penggunaan prisma pole (tempat mendirikan prisma berbentuk jalon/anjir yang dilengkapi dengan nivo) sebagai pengganti penggunaan statif /kaki tiga untuk prisma dapat membantu meningkatkan kecepatan pengukuran.
8.       Alat ukur Total Station memiliki metoda pengukuran poligon sudut, sehingga harus mendirikan alat di setiap titik pal batas, berbeda halnya dengan T0 kompas. T0 kompas dapat melakukan pengukuran dengan melompat 1 titik ke titik berikutnya, sehingga pengukuran lebih cepat dibandingkan dengan Total Station.
9.       Pemakaian Total Station di lingkup Departemen Kehutanan belum memiliki payung hukum  yang jelas diantaranya mengenai standar jarak yang dapat ditempuh dengan
Total Station.  Sebagai contoh : standar jarak untuk pekerjaan pemancangan batas sementara yang dikerjakan dengan menggunakan T0 yaitu 1 km dalam 1 hari. Untuk kelancaran pekerjaan, maka perlunya penetapan aturan yang jelas berkenaan dengan pemakaian alat ukur Total Station.







6.   MANFAAT  TOTAL STATION


       Kedua stasiun theodolite dan total station yang digunakan untuk mengukur sudut horisontal dan vertikal selama mensurvei dan proyek. Masing-masing memiliki pro dan kontra tertentu yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Secara umum, hal itu akan tergantung pada waktu, uang, tenaga, dan keahlian yang telah tersedia pada saat penentuan alat yang tepat untuk pekerjaan Anda dan tentunya bila ada mengininkan keakuratan dalam pekerjaan konstruksi atau design anda saat survei gunakanlah alat Laser Auto Level.

    
  Meskipun theodolites telah digunakan selama ratusan tahun, operasi utama dari alat ini tetap sama. theodolite terdiri dari teleskop bergerak dipasang antara sumbu vertikal dan horisontal. Sudut dari masing-masing sumbu dapat diukur dengan presisi cukup akurat selama operator memiliki pengetahuan yang cukup menggunakan alat dan trigonometri dasar. Namun, penggunaan theodolite secara umum memerlukan bantuan dari setidaknya satu orang lain selain operator utama untuk membantu mengukur dan menyelaraskan sudut. Ketika menghitung presisi, sangat penting bahwa kedua operator yang terlatih dan memahami semua elemen pengumpulan data; ini mungkin termasuk meratakan saham tripod / theodolite dan pengukuran, serta menyelaraskan tiang dan mengukur garis untuk mengumpulkan data yang akurat, dan akhirnya menggunakan kemampuan matematika dan grafis untuk menghasilkan output yang sesuai.


Manfaat dari total station akan melebihi downsides, dalam banyak kasus, karena fitur-fiturnya semua-inklusif dan integrasi digital. A total station mengintegrasikan fungsi theodolite untuk mengukur sudut dan jarak dengan EDM (meter jarak elektronik). Total stasiun menggunakan sistem prisma dan laser untuk mengembangkan pembacaan digital dari seluruh pengukuran selama pekerjaan Anda. Semua informasi yang dikumpulkan dengan total station disimpan dalam sebuah komputer eksternal di mana data dapat dimanipulasi dan ditambahkan ke program CAD. Robotic total stasiun yang tersedia yang memungkinkan operator untuk bekerja sendiri dengan menggunakan remote control.













     Tri1ble mengeluarkan produk Total station  terbarunya, yang diberi nama Trimble M3. Produk ini berusaha memenuhi kebutuhan para surveyor yang membutuhkan roduk total station yang ringan, dilengkapi laser, external memory dan yang pasti harga ekonomis, dan yang pasti kualitas OK.

          
 Tidak seperti produk sebelumnya, Trimble M3 ini bener-bener ringan, untuk berat tanpa betere tidak sampai 4 kg, bentuknya juga kecil tidak bongsor seperti produk trimble biasanya. Kemampuan batere bisa sampai 20 jam untuk pengukuran continue. Dengan spesifikasi seperti ini sangat cocok untuk pengukuran di medan yang berat dan susah listrik.

         
  Produk ini selain dilengkapi dengan EDM berteknologi infra red, yang mampu mengukur sampai jarak 5km menggunakan prisma, juga dilengkapi dengan EDM Laser yang mampu mengukur jarak tanpa prisma sampai 300 meter. Untuk type lasernya juga kelas 1, aman apabila kena mata kita. Dengan feature ini sangat cocok untuk pekerjaan pengukuran volume batubara, pekerjaan kontruksi, pekerjaan indoor, ataupun landscaping.


Untuk memory dilengkapi dengan slot USB flashdisk, yang bisa menyimpan ratusan ribu point. Sedangkan untuk transfer data bisa menggunakan bluetooth, kabel data, card reader. Untuk operating systemnya juga sudah menggunakan windows dengan layar berwarna dan touchscreen. dan dilengkapi dengan fieldbook software yang sangat memudahkan utntuk colecting data di lapangan.


Trimble M3 juga sudah menggunakan teknologi endlessdrive, teknologi putaran tanpa klem dan juga menggunakan laser plummet untuk centringnya. Ada tiga  pilihan kelas ketelitian sudut yang ditawarkan yaitu : 2″, 3″ dan 5″ dengan harga yang sangat ekonomis.










8.  Bekerja dan Jenis Total Station 

INTRODUCTION 
Sebuah Total Station adalah kombinasi Elektronik Transit Theodolite dan Elektronik Device Mengukur Jarak (EDM). Dengan bantuan trigonometri, sudut dan jarak yang dapat digunakan untuk menghitung posisi sebenarnya (x, y, dan z atau Northing, arah timur dan elevasi) dari titik yang telah disurvey secara absolut.

Ini adalah alat survey modern yang terdiri dari Elektronik Digital Theodolite, Electronic Mengukur Jarak (EDM) instrumen dan komputer mini dibangun dalam satu unit. Secara otomatis mengukur data dan transfer ke komputer

Total Station
Stasiun Kualitas terbaik total mampu mengukur sudut untuk 0,5 detik busur. Murah "konstruksi kelas" total stasiun umumnya dapat mengukur sudut untuk 5 atau 10 busur-detik.
 Sebuah Total Station mengintegrasikan fungsi teodolit untuk mengukur sudut, sebuah EDM untuk mengukur jarak, data digital dan perekam data sebagai satu kesatuan.
 Sudut dan jarak diukur dari Stasiun Total poin di bawah survei, dan koordinat (X, Y, dan Z atau Northing, Easting Dan Ketinggian) poin disurvei relatif terhadap posisi total station dihitung menggunakan trigonometri dan triangulasi.
 Komponen Total Station
 Mengukur Jarak Elektronik (EDM)
 Transit Theodolite Elektronik
 On-Board Micro-prosesor
 Data Kolektor (Dibangun dalam ata
u unit terpisah)
 Penyimpanan Data (internal atau kartu memori)
 Prisma
 Tripod dan Kutub

9.     Fitur Total Station

EDM dipasang di dalam teleskop, Digital display, Kompatibilitas dengan komputer, Tindakan jarak dan sudut dan menampilkan koordinat, Kompensator tingkat Auto tersedia, Dapat bekerja di visibilitas yang lebih rendah juga, Dapat mengukur jarak bahkan tanpa target prismatik untuk jarak yang lebih kecil, Ini adalah bukti air Sebuah Laser Optical Peewit untukcentering yang tepat.Tampilan atau vial melingkar dan gelembung pelat dalam arah baik untuk leveling mudah. Akurat dual sumbu pemadat menggunakan instrumen yang dapat tingkat yang pernah di tanah yang tidak rata. Panjang teleskop pendek maka kenyamanan danmudahterlihat.

Baru Total Stations memiliki koreksi atmosfer, dan auto-focus. Selain itu, seri ini menggabungkan mode pengukuran jarak cepat dan kapasitas penyimpanan data yang tinggi untuk meningkatkan produktivitas.
Stasiun Total baru memberikan kesempatan unik untuk jarak jangkauan pemantauan jangka sampai 9000m ke prisma tunggal
Buku Elektronik lapangan dapat menyimpan hingga 10.000 titik data.
Data dapat didownload dari Total Station perangkat lunak komputer dan aplikasi yang digunakan untuk menghitung hasil dan menghasilkan peta wilayah yang disurvei.


Sebuah Transit standar pada dasarnya adalah sebuah Teleskop dengan cross-rambut untuk peninjauan target;
 Teleskop melekat pada skala untuk mengukur sudut rotasi teleskop (biasanya relatif ke utara sebagai 0 derajat) dan sudut kemiringan teleskop (relatif terhadap horizontal sebagai 0 derajat).
 Setelah memutar teleskop untuk bertujuan target, orang dapat membaca sudut rotasi dan sudut kemiringan dari skala.
 tra
nsit elektronik menyediakan digital read-out dari sudut bukan skala;
 Hal ini baik lebih akurat dan lebih rentan terhadap kesalahan yang timbul dari interpolasi antara tanda pada skala atau dari salah-rekaman. pembacaan ini juga terus-menerus, maka sudut dapat diperiksa setiap saat.







  10.Total Station untuk Pengukuran Batas Kawasan Hutan

Land Surveying atau lebih dikenal dengan ilmu ukur tanah merupakan bagian ilmu geodesi, yaitu ilmu yang mempelajari posisi titik, area atau wilayah  pada, di atas dan di bawah permukaan bumi dengan cakupan wilayah maksimal 37 Km x 37 Km dengan kondisi rupa bumi  dianggap datar. Salah satu jenis pekerjaan pengukuran Land Surveying adalah Survey terestrial. Survey terestrial merupakan pekerjaan pengukuran yang dilakukan di atas permukaan bumi dengan tujuan untuk mengambil data-data ukuran jarak, arah, sudut dan ketinggian yang nantinya akan dijadikan  dasar pembuatan Peta Terestris. Balai Pemantapan Kawasan Hutan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tidak terlepas dari pekerjaan  pemetaan. Salah satu aplikasi survey terestrial adalah pengukuran tata batas kawasan hutan. Dalam suatu pekerjaan pengukuran tentunya tidak terlepas dari kebutuhan peralatan pengukuran itu sendiri disamping persiapan-persiapan teknis dan non teknis lainnya. Alat ukur utama dalam pekerjaan pengukuran tata batas hutan adalah Theodolit jenis T0. Selama berpuluh-puluh tahun Departemen Kehutanan menjadikan theodolit T0 sebagai alat utama dalam sebuah pengukuran tata batas hutan.

Berdasarkan aspek ketelitian theodolit T0 termasuk dalam kategori alat tidak teliti. Alat ukur theodolit telah mengalami perkembangan dan perubahan yang cepat seiring dengan tuntutan kebutuhan dari masing-masing pengguna. Perkembangan teknologi alat theodolit setelah theodolit tipe T0 yaitu muncul theodolit tipe T1 (agak teliti), tipe T2 (teliti), tipe T3 (teliti sekali) dan tipe T4 (sangat teliti). Theodolit tipe T0 mempunyai ketelitian bacaan sudut  ± 1’ (satu menit) dan ketelitian bacaan jarak ± 1 cm, sedangkan theodolit tipe T4 mempunyai ketelitian bacaan sudut ± 0,1” (Nol koma satu detik) dengan ketelitian bacaan jarak 0,1 mm (nol koma satu milimeter).

11. ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS TOTAL STATION DAN WATERPASS
Pengukuran kerangka vertikal umumnya dilakukan dengan menggunakan Waterpas, yaitu alat yang diciptakan khusus untuk pengukuran beda tinggi. Seiring berkembangnya teknologi, tercipta alat-alat survey berbasis elektronis, misalnya Total Station. Penggunaan Total Station dapat memberikan efisiensi dari segi waktu, sebab pekerjaan survey dilakukan secara otomatis. Jika waktu pengukuran dapat di persempit, tentunya hal ini akan memberikan keuntungan secara ekonomis. Dalam penelitian ini, Total Station dan Waterpass digunakan untuk mengukur kerangka vertikal yang sama. Pada pengukuran dengan Total Station, metode teknis pengukuran harus diperhatikan dengan cermat, agar hasilnya maksimal. Data yang diperoleh dari pengukuran dengan Total Station tersebut kemudian diberikan koreksi-koreksi kesalahannya.

Hasil perhitungan menunjukkan pengukuran dengan Waterpass memberikan salah penutup sebesar 8 mm dan termasuk dalam kualitas pengukuran orde dua ))(6(kmD. Sedangkan pengukuran dengan Total Station memberikan salah penutup 21 mm, memenuhi toleransi kesalahan )(12kmD. Total jarak pengukuran adalah 3,536206 km. Dari segi waktu, pengukuran dengan Total Station memerlukan waktu satu hari untuk menyelesaikan, sedangkan pengukuran dengan Waterpass memerlukan waktu dua hari.



12. Checklist untuk Peralatan Total Station

#
X
Item
Deskripsi
1

Tumpuan kaki tiga
Kaki untuk Theodolite.
2

Reflektor staf
reflektor ini gunung di atas ini.Pastikan meluas lancar.
3

Kasus Theodolite
Jangan lupa ini karena Theodolite disimpan di sini!
4

Verbatim kartu SRAM
Dimana semua data Anda disimpan.Jika Anda harus menuliskan semua poin L
5

Total Station
Jangan lupa itu.
6

Reflektor dan topi

7a

Kabel-isi ulang baterai (gel-sel) untuk Total Station
Kabel untuk menjalankan Theodolite dari baterai isi ulang besar.
7b

baterai kecil casing yang telah memusnahkan
7a kabel dipasang ke casing ini.Cocok dengan sisi unit dan terkunci pada tempatnya oleh casing tan.
7c

Baterai isi ulang
Dilengkapi dengan berkat kasus bagus untuk Lee.
7d

Battery charger-outlet listrik yang
Dipasang ke stopkontak listrik.
7e

Pengisi baterai mobil
Memungkinkan Anda untuk mengisi off dari aki mobil.
8a

baterai Kecil tidak memerlukan kabel.
baterai kecil cocok ke ruang pada sisi unit, kasus tan terkunci pada tempatnya.
8b

Kabel-outlet untuk Total Station
Anda bisa plug ini ke stopkontak listrik.
9

Internasional adapter plugs
Sebuah kebutuhan saat bepergian ke luar negeri.
10

Strip Surge Suppressor
Banyak untuk plug in
11

Portable Power Inverter
Jalankan baik 7d atau 8b dari mobil
12

Adaptor kabel untuk inverter

13

2 way radio
Membutuhkan 4 baterai AAA sepotong (Bell Telepon).
14

Liscad Dongle
Yang diperlukan untuk menjalankan program Liscad merencanakan.





   13. PEMETAAN TOPOGRAPHY

         (TOTAL STATION DAN GPS)

 

Dengan menggunakan peralatan yang baru yang serba elektronis dan Digital, seperti Total Station dan Global Positioning System, kesalahan-kesalahan dalam pengambilan data, dan keakuratan data lapangan dapat dipertanggung jawabkan.
Pemetaan topography digunakan untuk berbagai keperluan, sesuai dengan tujuan dan manfaat yang ingin diambil dari pemetaan topography ini.
Penggunaan Peralatan Total Station dan Global Positioning Sistem, dimaksudkan agar Kami dapat memberikan Service yang terbaik.
Global Positioning System Type Geodetik  banyak digunakan untuk Peningkatan Titik Kerangka Dasar/Titik Ikat, sedangkan GPS type Navigasi digunakan tracking obyek-obyek yang memerlukan ketetian dibawah 10 meter, misalnya untuk tracking jalan, tracking Point Of Interest dan lain-lain.



      14. JENIS - JENIS TOTAL STATION

TOTAL STATION SOKKIA :
1.total station sokkia set 320 kcf
2.total station set 520
3.total station 250 rx

TOTAL STATION TOPCON  gts 230N :
1.total station topcon 233N
2.total station topcon 235N
3.total station topcon 236N
4.total station topcon 239N

TOTAL STATION TOPCON GPT 3100N :
1.total station topcon 3102N
2.total station topcon 3103N
3.total station topcon 3105N
4.total station topcon 3107N

AUTOMATIC LEVEL / WATERPASS NIKON :
1.AUTOMATIC LEVEL NIKON AC-2S
2.AUTOMATIC LEVEL NIKON AE-7
3.AUTOMATIC LEVEL NIKON AP-8
4.AUTOMATIC LEVEL NIKON AS-2

15.  PERBEDAAN, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM PEMAKAIAN TOTAL STATION

a) Perbedaan antara total station dengan theodolite.
Theodolite sebenarnya adalah alat pengukur sudut saja, jadi data primer yang dihasilkan dari theodolite hanya sudut horizontal, sudut vertikal dan bacaan rambu ukur. Untuk mendapatkan jarak diperlukan data pendukung seperti data dari EDM, meteran atau dengan tachimetri. Sedangkan Total station langsung bisa mendapatkan data sudut dan jarak dalam satu pengukuran.

b) Kelebihan memakai Total Station.

Total station menggunakan sistem prisma dan laser untuk mengembangkan pembacaan digital dari seluruh pengukuran selama pekerjaan Anda. Semua informasi yang dikumpulkan dengan total station disimpan dalam sebuah komputer eksternal di mana data dapat dimanipulasi dan ditambahkan ke program CAD. Robotic total stasiun yang tersedia yang memungkinkan operator untuk bekerja sendiri dengan menggunakan remote control. Ketika menyelesaikan survei span jarak pekerjaan yang besar, terutama daerah berbahaya, sebuah total station akan menyediakan hasil yang paling handal dan akurat.


c) Kekurangan memakai Total Station.
Total station umumnya lebih baik untuk sebuah teodolit karena integrasi digital dan presisi. Namun, kekurangan memakai total station adalah sebagai berikut:
·Faktor harga yang jauh lebih mahal.
·Memerlukan pelatihan tidak hanya survei.
·Adanya ketergantungan terhadap sumber tegangan.
Ketergantungan akan sumber daya manusia yang ada.


16. SEMUA TENTANG GPS TOTAL STATION.




GPS Total Station memiliki teknologi yang kompleks untuk memahami.Hal ini bisa sangat mudah jika Anda mengambil satu langkah pada satu waktu.
Tutorial ini dirancang untuk memberikan Anda pemahaman dasar yang baik tentang prinsip-prinsip GPS tanpa beban Anda ke bawah dengan detail teknis yang terlalu banyak.

Total Station GPS navigator fitur layar sentuh antarmuka yang sederhana, dengan perhitungan rute otomatis untuk semua tujuan dan suara turn-by-turn-arah diminta sepanjang jalan.
warna sistem navigasi GPS Portable menunjukkan cara untuk semua tujuan di seluruh kota.
Ini adalah plug-and-play otomotif portabel navigator GPS yang fitur pre-loaded, dari peta-kanan rinci kotak.

Orang-orang telah menguji penerima GPS selama bertahun-tahun, dan mereka percaya ini menawarkan kinerja yang luar biasa dan nilai untuk uang.
Sensitivitas yang sangat baik, ada baterai cadangan terintegrasi untuk ephemeris jam dan satelit.

South Total Station merupakan salah satu pemimpin di Global Positioning System (GPS) teknologi dan inovator dalam elektronik konsumen.

 

GPS Total Station dalam jumlah survei:


survei GPS adalah survei pertama di dunia sistem itu semua pada sebuah tiang jangkauan.
Di jantung GPS Total Station adalah kecil, sangat-GPS terintegrasi dan modem radio.
Dalam sistem GPS Total Station itu adalah benar-benar terintegrasi semua elemen: radio, controller survei, dan perangkat lunak perkantoran.
Total Station GPS cukup sederhana instrumen survei yang paling canggih dan serbaguna yang pernah kami dibangun.




 17.  BAGIAN KELENGKAPAN DAN FASILITAS ALATUKUR TOTAL STATION

Bagian lain dari total station, jarak elektronik alat ukur atau EDM, mengukur jarak dari instrumen ke sasaran. Para EDM mengirimkan sebuah sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit, dan unit pengukuran menggunakan waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh balok. Dengan beberapa pengecualian, EDM mengharuskan target sangat reflektif, dan prisma mencerminkan biasanya digunakan sebagai target. Prisma mencerminkan adalah perangkat silindris tentang diameter minuman-lunak dapat dan sekitar 10 cm. di ketinggian, di salah satu ujung adalah meliputi kaca piring dan di lain adalah sebuah kerucut terpotong dengan ekstensi berulir. Hal ini biasanya kacau menjadi target / braket di atas tiang, ujung runcing tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei.

  Tripod dan Kutub
 Stasiun total terpasang pada tripod dan diratakan sebelum digunakan. Sementara itu, prisma ini dipasang pada sebuah tiang tinggi diketahui; braket pemasangan termasuk alat bantu untuk membidik instrumen. Prisma ini dipasang sehingga titik refleksi yang sejajar dengan pusat tiang yang telah terpasang. Meskipun ujung tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei, instrumen harus ditujukan pada prisma. Sehingga akan menghitung posisi prisma, bukan titik akan disurvei. Karena prisma ini langsung di atas ujung, ketinggian tiang dapat dikurangi untuk menentukan lokasi titik. Itu mungkin dilakukan secara otomatis. (tiang harus diadakan tegak, dan tingkat gelembung melekat untuk memberikan pekerja memegang cek tiang ).

Fasilitas-fasilitas total station.
·Mengukur sudut horizontal dan vertikal.
·Pengukuran Jarak Elektronik (EDM).
·Perekam data elektronik.
·Built-in program / add-ons untuk tugas yang berbeda.
·Membantu dalam menetapkan desain.
·Membantu dalam melintasi atau menentukan arah.
·Membantu dalam menentukan koordinat geometri.
·Mengumpulkan data untuk perhitungan luas suatu daerah.
·Melakukan dasar / laser scanning lambat operasi.


   18.   BAGIAN KELENGKAPAN DAN FASILITAS ALAT UKUR  TOTAL STATION

Bagian lain dari total station, jarak elektronik alat ukur atau EDM, mengukur jarak dari instrumen ke sasaran. Para EDM mengirimkan sebuah sinar inframerah yang dipantulkan kembali ke unit, dan unit pengukuran menggunakan waktu untuk menghitung jarak yang ditempuh oleh balok. Dengan beberapa pengecualian, EDM

mengharuskan target sangat reflektif, dan prisma mencerminkan biasanya digunakan sebagai target. Prisma mencerminkan adalah perangkat silindris tentang diameter minuman-lunak dapat dan sekitar 10 cm. di ketinggian, di salah satu ujung adalah meliputi kaca piring dan di lain adalah sebuah kerucut terpotong dengan ekstensi berulir. Hal ini biasanya kacau menjadi target / braket di atas tiang, ujung runcing tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei.





  Tripod dan Kutub
 Stasiun total terpasang pada tripod dan diratakan sebelum digunakan. Sementara itu, prisma ini dipasang pada sebuah tiang tinggi diketahui; braket pemasangan termasuk alat bantu untuk membidik instrumen. Prisma ini dipasang sehingga titik refleksi yang sejajar dengan pusat tiang yang telah terpasang. Meskipun ujung tiang ditempatkan pada titik yang akan disurvei, instrumen harus ditujukan pada prisma. Sehingga akan menghitung posisi prisma, bukan titik akan disurvei. Karena prisma ini langsung di atas ujung, ketinggian tiang dapat dikurangi untuk menentukan lokasi titik. Itu mungkin dilakukan secara otomatis. (tiang harus diadakan tegak, dan tingkat gelembung melekat untuk memberikan pekerja memegang cek tiang ).

Fasilitas-fasilitas total station.
·Mengukur sudut horizontal dan vertikal.
·Pengukuran Jarak Elektronik (EDM).
·Perekam data elektronik.
·Built-in program / add-ons untuk tugas yang berbeda.
·Membantu dalam menetapkan desain.
·Membantu dalam melintasi atau menentukan arah.
·Membantu dalam menentukan koordinat geometri.
·Mengumpulkan data untuk perhitungan luas suatu daerah.
·Melakukan dasar / laser scanning lambat operasi.





19. TOTAL STATION KUALITAS TERBAIK.



Sebuah Total Station adalah kombinasi Elektronik Transit Theodolite dan Elektronik Device Mengukur Jarak (EDM).Dengan bantuan trigonometri, sudut dan jarak yang dapat digunakan untuk menghitung posisi sebenarnya (x, y, dan z atau Northing, arah timur dan elevasi) dari titik yang telah disurvey secara absolut.

Ini adalah alat survey modern yang terdiri dari Elektronik Digital Theodolite, Electronic Mengukur Jarak (EDM) instrumen dan komputer mini dibangun dalam satu unit. Secara otomatis mengukur data dan transfer ke komputer
Total Station
Stasiun Kualitas terbaik total mampu mengukur sudut untuk 0,5 detik busur. Murah "konstruksi kelas" total stasiun umumnya dapat mengukur sudut untuk 5 atau 10 busur-detik. 
   
 Sebuah Total Station mengintegrasikan fungsi teodolit untuk mengukur sudut,
sebuah EDM untuk mengukur jarak, data digital dan perekam data sebagai satu kesatuan. 
   
 Sudut dan jarak diukur dari Stasiun Total poin di bawah survei, dan
koordinat (X, Y, dan Z atau Northing, Easting Dan Ketinggian) poin disurvei relatif terhadap posisi total station dihitung menggunakan trigonometri dan triangulasi.
   
 Komponen Total Station
   
 Mengukur Jarak Elektronik (EDM)
   
 Transit Theodolite Elektronik
   
 On-Board Micro-prosesor
   
 Data Kolektor (Dibangun dalam atau unit terpisah)
   
 Penyimpanan Data (internal ata
u kartu memori)
   
 Prisma
   
 Tripod dan Kutub
     
peninjauan target;
   
*Teleskop melekat pada skala untuk mengukur sudut rotasi teleskop (biasanya relatif ke utara sebagai 0 derajat) dan sudut kemiringan teleskop (relatif terhadap horizontal sebagai 0 derajat).
   
*Setelah memutar teleskop untuk bertujuan target, orang dapat membaca sudut rotasi dan sudut kemiringan dari skala.
   
*transit elektronik menyediakan digital read-out dari sudut bukan skala;
   
*Hal ini baik lebih akurat dan lebih rentan terhadap kesalahan yang timbul dari interpolasi antara tanda pada skala atau dari salah-rekaman. pembacaan ini juga terus-menerus, maka sudut dapat diperiksa setiap saat
.


20. KEUNTUNGAN BARU TOTAL STATION.

 

GPS total station

GPS adalah sistem yang memungkinkan dengan akurasi yang cukup tinggi untuk menentukan lokasi objek ke titik manapun di darat, pada laut dan di ruang angkasa circumterraneous: luas, garis bujur dan ketinggian di atas permukaan laut, dan juga arah dan kecepatan gerakan, waktu ke dalam 1nanosecond.
Modern sistem GPS total station adalah pengembangan terbaru dari navigator dan penerima. Secara keseluruhan dengan sistem satelit, yang digunakan sebagai GPS menembak dengan akurasi milimeter, dalam cara postprocessing, dan GIS penelitian dengan akurasi submeter sebagai menyediakan melakukan pengukuran yang tepat bahkan dalam kondisi buruk situasi kartografis.
Tergantung pada lingkup, GPS receiver semua spektrum model dapat dibagi menjadi empat kelompok besar: Personal penerima GPS; Automobile GPS, penerima GPS Laut, Aviation GPS receiver

Keuntungan dari total produksi stasiun baru.

BaruTotal StationProduksi merupakan set lengkap alat survei tradisional, baru GPS receiver dan perangkat lunak.
Pendekatan didasarkan pada integrasi penuh dan tradisional peralatan satelit, akan memungkinkan konsumen biasa untuk meningkatkan produktivitas karena cukup kualitas ditingkatkan pengguna, perangkat keras penuh dan kompatibilitas program di dalam kompleksTotal Stationsistem baru.
Keuntungan sistem baruTotal Station:efisiensi tinggi, kesederhanaan dan kemudahan dalam operasi, konsumsi daya yang rendah, berat dan ukuran kecil, kesempatan untuk digunakan pada tripod, di ransel, dan pada mobil, perahu dan benda-benda mobile lainnya.
Dasar inovasi dariGPSmodernTotal Station- GPS receiver menyediakan kecepatan tinggi pengawasan, penangkapan terbaik dari sinyal satelit, akurasi yang lebih tinggi dalam kondisi yang merugikan dan konsumsi daya rendah dibandingkan dengan GPS receiver yang telah ada. Receiver dilengkapi oleh dibangun pada modem radio dan teknologi baru dengan peluang diperluas teknologi Kinematik diperpanjang real-time yang memungkinkan untuk menutupi daerah dua kali lebih besar, daripada RTK teknologi biasa. Berat dari penerima dengan umpan untuk hari kerja penuh, antena radio, yang dibangun oleh modem radio dan perangkat dimuat - cukup kecil.

Star KeyPengaturan :1.

Derajat kehitaman layar (kontras)2.

Pencahayaan garis bidik (
Recticle illumination 
)3.

Lampu latar pada layar4.

Koreksi kemiringan (
tilt correction 
)5.

Konstanta prisma, koreksi atmosfer,temperatur & tekanan udara, sertamengukur intensitas inframerah padaEDM.Tombol mode koordinat Mode pengukuran koordinatTombol mode jarak Mode pengukuran jarak  ANG Tombol mode sudut Mode pengukuran sudutPOWER Tombol
 power 
Penyalaan instrumen (ON/OFF)MENU Tombol menuPemilihan mode pengukuran dan modenormalESC Tombol keluar (
escape 
) Kembali ke menu sebelumnyaENT Tombol konfirmasi (
enter 
)Konfirmasi hasil pengetikan atribut atauperekaman data ukuranF1-F4 Tombol fungsi (
Softkey 
) Akses fungsi tampilan pada layar

NB : NANG. NDOKK.. GAMBARE NYARI SENDIRI HYA ...


Share this Article with Your Friends :
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar